-->

10 Tips Memasak Sehat dan Bersih NO. 5 Sering Tidak Di Hiraukan


10 Tips Memasak Sehat dan Bersih NO. 5 Sering Tidak Di Hiraukan
Ada lebih banyak hal yang dilakukan untuk hidup sehat, mungkin dari kita belum sepenuhnya mengerti bagaimana cara untuk hidup sehat atau bahkan apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari - hari sudah termasuk untuk hidup sehat. Hidup sehat yang terpenting? Keamanan makanan. Misalnya: Apakah Anda tahu harus membersihkan papan talenan apa? (Kabar baik: Ini adalah solusi buatan sendiri.) Lihatlah 10 tips keamanan pangan terbaik kami di bawah ini untuk mengonfirmasi apa yang Anda ketahui dan menemukan apa yang tidak Anda ketahui. Kami juga memiliki kiat musiman yang dimulai dari keamanan memasak telur hingga kelihaian dalam memanggang. Anda juga mungkin ingin memeriksa FAQ keamanan makanan kami, kemudian mengikuti kuis IQ keamanan pangan setelahnya. Berhati-hatilah dengan nomor 6 — itu rumit!

10 tips keamanan pangan terbaik

Anda bisa Print 10 tips keamanan pangan dasar ini, kemudian tempelkan di lemari es atau lemari dapur Anda sehingga selalu berguna untuk referensi yang mudah dicari. Pastikan semua orang di keluarga bahkan pengasuh bayi membacanya sebelum menangani atau menyediakan makanan.

1. CUCI TANGAN

    Selalu cuci tangan Anda dengan air hangat dengan sabun selama setidaknya 20 detik sebelum dan      sesudah memegang makanan.

2. MAKANAN 2 JAM

    Untuk makanan yang habis dibekukan atau setelah masuk lemari es secara umum setelah anda mengeluarkannya dari lemari es maka makanan tersebut hanya bisa bertahan 2 jam di suhu kamar. maka setelah anda mengeluarkan lebih baik setelah dimakan langsung dimasukan ke lemari es.

3. PENCAIRAN MAKANAN

     Untuk mencairkan makanan beku lebih baik dicairkan di dalam tempat pencairan khusus, jangan dilakukan di pencairan makanan beku di atas meja atau bersentuhan dengan udara langsun.

4. ANJURAN PANAS

     Masak makanan sampai suhu internal yang tepat dan periksa kematangan dengan termometer. Berikut adalah beberapa temps dasar:
Sumber : My food and my family

5. TEMPAT PENGIRISAN / TELENAN BERSIH

     Cuci talenan dan pisau dengan air sabun panas setelah mempersiapan makanan, terutama setelah memotong daging mentah, unggas atau makanan laut. Sanitasi papan potong dan alat potong dengan larutan pemutih encer  dengan Tambahkan 2/3 gelas pemutih ke satu galon air, dimasukkan ke dalam botol semprotan agar mudah digunakan.

6. TELENAN TIDAK DICUCI BERBAHAYA

    Jangan sekali-kali meletakkan makanan di piring atau talenan yang sama yang sebelumnya berisi daging mentah, unggas atau makanan laut kecuali talenan telah dicuci bersih.

7. PASTIKAN MAKANAN MATANG

Gunakan tanda-tanda kematangan visual ketika termometer tidak digunakan:



  • Uap menguap dari makanan
  • cairan bening mengalir dari daging keluar sehingga warna bukan merah muda tapi coklat
  • Daging babi, sapi muda, dan unggas berwarna putih, bukan merah muda atau merah
  • Kerang adalah buram dan serpihan ikan dengan mudah dengan garpu
  • Kuning telur keras, tidak berair, dan putih telur buram

  • 8. SIMPAN RAPAT DAGING SISA

         Simpan daging mentah, unggas, dan makanan laut yang dibungkus rapat di rak kulkas. Ini mencegah jus mentah menetes pada makanan lain.

    9. INGAT LEMARI ES

    Selalu simpan makanan di lemari es, bukan di atas meja. Buang sisa bumbu dapur yang telah digunakan dengan daging mentah, unggas atau makanan laut.

    10. MENGGANTI SPONS DAN HANDUK

    Ganti dan cuci handuk dan spon sering untuk mencegah penyebaran bakteri berbahaya ke seluruh dapur. Gunakan handuk kertas untuk mengeringkan tangan yang dicuci setelah menangani makanan mentah.


    0 Response to "10 Tips Memasak Sehat dan Bersih NO. 5 Sering Tidak Di Hiraukan"

    Post a Comment

    Terimakasih Telah Berkomentar di Thomide.xyz

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel