-->

SOLUSI Pasang SSD kok laptop tidak mau nyala dengan Battrey dan harus di charge terus


Seperti yang kita tahu SSD merupakan hardware yang sangat mendukung dalam pengoptimalan laptop maupun PC untuk mendapatkan performa yang baik. Akhir-akhir ini kemunculan SSD menjadi sorotan utama dalam dunia digital. kenapa tidak, hadirnya mampu membuat hilang nya keputus-asa-an seseorang dalam mengatasi keLEMOTan kinerja PC maupun laptop.
Contohnya, saya mempunyai laptop ASUS VIVOBOOK A442U dengan spesifikasi Prosesor core i5 generasi 8 dengan graphis NVIDIA 930 Mx dan 4 Gb RAM. secara logical mind harusnya laptop saya mempunyai kinerja yang sangat bagus dengan spesifikasi tersebut, tapi realita sangat nihil. pengoperasian windows 10 terasa sangat berat. membuka aplikasi terasa lama, apalagi dalam proses menyelesaikan pekerjaan kantor pasti proses multitasking sangat dibutuhkan.
Berbagai cara untuk pengoptimalan windows sudah saya lakukan, seperti update windows,  nonaktikan aplikasi startup maupun running aplikasi yang ada dibackground, memang sudah ada perbedaan yang saya alami, namun pengotimalan tersebut tidak bertahan lama, laptop kembali slow respond an lag.
          Memonitor kinerja hardware lewat Task Manager alhasil kinerja semua hardware sudah bagus, tapi ada satu hardware yang sangat ganjil yaitu DISK. Opersaional dari hardisk dalam tingkat percentase mencapai 100% secara terus menerus dengan maksimum kecepatan 10 Mb/s. beberapa cara pengoptimalan hardis sudah saya lakukan namun hal itu masih nihil.
       Suatu hari saya berfikir untuk membeli SSD atau Intel Optane. Kemudian I will to make a decision bla bla bla…. jatuh pada SSD karena secara simple laptop saya tidak ada slot intel optane.
     Singkat SSD WD green 240 Gb pun sudah ada saya pasang dengan HDD caddy dengan mengganti tempat DVD menjadi SSD kemudian saya melakuan cloning windows yang ada di HDD karena windows nya asli bawaan laptop. Nah kemudian restart dan set boot option ke SSD, berhasil login ke windows dengan lancar. Dari pemakaian awal performa Laptop sangat fast respon.
        Namun ada masalah……. Setelah pemasangan SSD Laptop saya menyala harus menggunakan Charge, Laptop tidak mau menyala dengan batrey. Nah saya coba tunggu Ketika laptop dalam keadaan nyala dengan Batrey 100% saya cabut charger kemudian langsung mati seketika. Kemudian mencari solusi update bios masih tetap tidak menyelesaikan permasalahan.
      Kemudian saya coba mengganti posisi SSD ke tempat HDD begitu sebalikanya dan hasilnya nihil. Selanjutnya saya coba mencopot HDD, jadi hanya SSD sebagai tempat penyimpanan laptop alhasil masih tetep laptop tidak mau menyala denga batrey.
        Nah saya sudah putus asa dan membuat kesimpulan Laptop saya tidak cocok menggunakan SSD ini, dan saya mencopot SSD menggantinya dengan HDD kembali, dengan alasan simple ketika laptop saya menyala harus menggunakan Charger maka ini bukan laptop ini PC masak harus colok charger terus :D. padahal saya sering menggunakan batrey agar laptop bisa dibawa kemana-mana. Nah kembali deh ke laptop lemot lagi tapi bisa nyala dengan battrey.
       Beberapa hari kemudian saya sangat bosan dengan laptop lemot ini, penasaran kenapa kok tidak ketika pakai SSD laptop tidak mau nyala dengan batrey. Nah saya pulang kerumah membongkar ulang dan mengganti HDD dengan SSD langsung tanpa menyalakan laptop lebih dahulu teeeeettttt toooooott al hasil laptop nyala dengan battery denga 30 % tanpa harus di charge. Apakah ini kebetulan ?????????. nah saya cek lagi shutdown windows laptop mati, kemudian pencet tombol power laptop benar – benar mau nyala dengan batrey. Alhamdulillahhhh
     Akhirnya malam ini permasalahan laptop dengan SSD tidak mau nyala dengan batrey sudah teratasi, kemudian saya shutdown. Paginya saya coba menambahkan HDD ke laptop. Jadi agar bisa SSD + HDD dengan mengorbankan slot DVD . karena HDD terlalu tinggi untuk dipasang ke slot DVD menyebabkan body laptop tidak tertup maksimal. Kemudian membaliknya lagi slot HDD untuk HDD dan slot DVD diganti dengan SSD + Caddy,  terrretttttttttttt Laptop saya masih bisa menyala dengan batrey dengan HDD + SSD.

BUDAYAKAN MEMBACA SEMUA

Cara nya gini Pasang SSD di laptop ASUS VIVOBOOK A442U agar nyala bisa dengan battery
      
       1.       Biarkan Laptop istirahat selama beberapa jam, jadi intinya jangan menyalakan laptop sebelum            memasang SSD. Atau ketika anda habis pakai laptop kan komponen hardware baik battery                  prosesor graphic dll menjadi panas biarkan sekitar 3 jam agar laptop benar – benar dingin lebih          lama lebih baik. (Ini yang terpenting)
       2.       Bongkar laptop seperti biasa
       3.       Pastikan SSD kalian sudah terinstal OS windows atau Cloningan juga gak papa
       4.       Copot HDD dan gantikan SSD dulu agar power / daya laptop tidak terlalu berat.
        Copot DVD juga boleh (tidak wajib)
       5.       Kemudian rakit kembali laptop anda seperti biasa
       6.       Setelah dirakit coba pencet tombol power untuk menyalakan laptop.
        Disini saya berhasil intinya jangan lupa langkah no 1 sangat penting.
       7.      Ketika sudah menyala jangan langsung tambah HDD, jika mau coba gpp tanggung sendiri                    wkwkw. Jadi setelah menyala saya tidak langsung membongkar ulang dan menambahkan HDD          nya ke laptop, setelah menyala dengan SSD saya coba restart dan shutdown saya coba berulang          ulang apakah bener- bener bisa laptop saya nyala dengan batrey, dan saya gunakan seperti biasa
       8.       Setelah laptop berjalan normal dengan SSD yang sumber dayanya dari batrey saya shutdown               laptop dan biarkan hardware dingin atau seperti kondisi no 1.
       9.       Nah setelah benar – benar dingin disini saya biarkan laptop mati semalam, paginya saya pasang           HDD ke laptop, jadi laptop menjadi SSD + HDD. Ingat jangan NYALAKAN  dlu laptopnya.
       10.   Setelah proses pemasangan dan pembongkaran selesai baru nyalakan laptopnya, disini saya                  berhasil laptop saya bisa nyala dengan SSD + HDD dengan sumber daya dari batrey sampai                sekarang. kemungkinan laptop versi ini pergantian SSD membutuhkan kondisi laptop part dingin dalam pergantiannya.

BUDAYAKAN MEMBACA
Apabila anda sudah berhasil silahkan komentar dibawah, atau ada pertanyaan silahkan komentar dibawah. Share yaaaa
   


18 Responses to "SOLUSI Pasang SSD kok laptop tidak mau nyala dengan Battrey dan harus di charge terus"

  1. mas sudah saya coba tapi masih tetap sama

    ReplyDelete
  2. saya punya masalah yang sama, trus berhasil nyala tanpa cas, trus kira kira langsung saya cas gmna?, soalnya ini tinggal 30% indikatornya

    ReplyDelete
  3. Saya merasakan hal yang sama nih mas. Ganti SSD malah koid, harus nancep charger mulu. Apakah ini penyakit asus a422U ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi om kebanyakan mengalami hal yang sama, namun sudah saya share caranya agar bisa membantu. lakukan caranya seperti diatas om, yang penting laptop jangan dinyalakan dulu

      Delete
  4. Ini penyebabnya apa bisa sampai tidak bisa nyala tanpa Charge?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin terdapat di harwarenya om bisa juga di seting biosnya. coba aja lakukan seperti cara saya diatas

      Delete
  5. bisa jadi om kebanyakan mengalami hal yang sama, namun sudah saya share caranya agar bisa membantu. lakukan caranya seperti diatas om, yang penting laptop jangan dinyalakan dulu

    ReplyDelete
  6. Gan clonningny gimana? Pakai apa?

    ReplyDelete
  7. Punya saya kok malah tidak mau dengan baterai, walau sudah dikembalikan ke hdd biasanya ya om? Tipe asusnya sama

    ReplyDelete
  8. Saya punya kejadian yang sama , berama lama harus di tunggu, dan sebenarnya fungsi tunggu itu untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan agar dingin om partnya dan sistem fast boot nya sudah tereset. sudah banyak yang coba berhasil kok

      Delete
  9. Coba bautnya semua dipasang dan dikencengin gan, mungkin membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cranya ini bisa dcoba terlebih dahulu

      Delete
  10. Mumet semalaman pasang SSD kalo mau nyala harus colok charger dulu. Setelah itu bisa di lepas.
    ..
    Mudah2an pengalaman mas bermanfaat juga untuk sy. Mau coba di praktekan.

    Nb. Tipe laptop sama, cuman kasusnya beda dikit.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Berkomentar di Thomide.xyz

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel