-->

Cara Pengeboran Tangan (Hand Drilling)

Cara Pengeboran Tangan (Hand Drilling)

Gunakan power drill untuk melubangi panel-panel dan mengeluarkan paku keling yang sudah tua bila diperlukan. Drill mempunya motor yang memutar chuck. Chuck mempunyai rahang-rahang yang membuka untuk menerima drill yang kemudian tertutup dengan menggunakan chuck key khusus.

PERSIAPAN DAN KEAMANAN PENGEBORAN

1.       Gunakan selalu Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker pernafasan, kacamata pelindung dan sarung tangan. Hal ini perlu untuk melindungi diri Anda dari debu dan pecahan material. Jika pengeboran dilakukan dalam rentang waktu yang lama, lebih baik Anda mengenakan pelindung pendengaran (hearing protection).
2.       Jangan menggunakan perhiasan atau asesoris yang menggantung dan pakaian yang kedodoran karena tanpa sengaja dapat tersangkut putaran mata bor.
3.       Pilih mata bor yang sesuai dengan material yang akan dibor. Hal ini perlu untuk mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Hal ini juga dapat menghindari dari patahnya mata bor karena material yang dibor lebih keras daripada ketahanan mata bornya. Baca buku manual dari mesin bor Anda. Pilih juga mata bor sesuai ukuran sekrup yang akan dimasukkan dalam lubang hasil bor. Anda dapat membaca tentang jenis-jenis mata bor 
4.       Jika mengebor benda-benda kecil, pastikan dijepit dengan benar dengan clamp. Hal ini untuk menghindari tergelincirnya benda-benda tersebut sehingga mesin bor dapat membahayakan Anda.
5.       Pasang kabel stop kontak mesin bor ke stop kontak. Pastikan stop kontak  tersebut memiliki aliran listrik yang cukup. Jangan menarik kabel dari badan kabel. Tariklah dari kepala stop kontaknya. Hal ini untuk menjaga kabel tembaga tidak putus di dalam.
6.       Pastikan area yang dilalui kabel dalam keadaan kering dan tidak tergenang oleh air. Hal ini supaya Anda terhindar tersengat listrik. Jika pekerjaan pengeboran harus dilakukan di area yang basah dan tergenang, lakukan pengeboran dengan mesin bor nirkabel (wireless)
7.       Pada waktu menggunakan power drill anda harus memastikan permukaan yang akan dibor terikat kencang dan tidak akan bergerak pada waktu dibor.
8.       Gunakan chuck key untuk mengencangkan atau melonggarkan bor.
9.       Berikan tanda pada permukaannya sebelum mengebor lobang untuk mencegah bornya selip.
10.   Tekanan yang terlalu kuat pada waktu mengebor dapat mematahkan mata bornya.

PENGEBORAN

1.       Tandai benda dengan menggunakan penitik di tempat dimana akan dilubangi.
2.       Jepit Benda ke ragum/vice agar ketika proses pengeboran benda tidak selip danm menghasilkan pengeboran yang bagus dan rapi
3.       Pilihlah ukuran bor yang diinginkan. Dan usahakan jika mau membuat lubang yang besar harus dimulai dari yang kecil dahulu serta sesuaikan kecepatan putarannya.

Gambar 2.0.9 Grinding Wheel
4.       Tempatkan bor pada chuck bor dan kencangkan dengan chuck key.
Gambar 2.0.10 Memasang Mata Bor
5.       Posisikan bor pada tanda tersebut dan dengan mantapborlah dengan kedua tangan. Pegang bor tegak lurus dengan permukaan.

Gambar 2.0.11 Proses Pengeboran
6.       Tekanlah sedikit bornya, dan hidupkan bornya untuk memulai pengeboran.
7.       Hentikan pengeboran bila bor memecah permukaan.

PEMELIHARAAN

1.       Jagalah agar bor tetap bersih. Laplah dengan lap yangbersih.
2.       Lumasi drill chuck sekali-sekali.
3.       Buanglah bor yang rusak.
4.       Simpanlah bor di dalam lemari atau ditaruh di gantungan dinding.

0 Response to "Cara Pengeboran Tangan (Hand Drilling)"

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkomentar di Thomide.xyz

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel