-->

MACAM - MACAM POWER TOOLS DAN PENERAPANNYA



Gambar 0.1 Macam - macam power tool
Power Tools adalah peralatan yang digerakkan atau dioperasikan menggunakan tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga. Tanpa sumber penyedia tenaga, power tools tidak bisa dipergunakan. Sumber tenaga Power Tool diantaranya menggunakan motor elektrik yang bersumber dari arus listrik, mesin pengapian internal ICE (internal combustion engine) dan udara terkompresi (compressed air). Sumber tenaga yang lain bisa menggunakan adalah mesin uap atau pembakaran langsung menggunakan bahan bakar. Power Tools biasa dipergunakan untuk pekerjaan konstruksi, pertamanan, pertukangan dan sebagainya untuk mengetatkan, mengebor, memotong, membentuk, mengampelas, menghaluskan, mengecat, memanaskan perkerjaan tangan lainnya.
Power Tools di kasifikasikan berdasarkan ukurannya, yaitu portable dan non-portable (stationary). Power Tools portable unggul dalam pemakaiannya unitnya yang bisa dibawa kemana-mana (mobile), sedangan non-portable/stationary unggul di kecepatan dan akurasi. Stationary Power Tools digunakan untuk pekerjaan logam, atau biasa disebut Machine Tools. Butuh waktu lama untuk melakukan pengeboran pada part, melepas bolt, memperbesar ulir atau memasang part baru. Power tools dapat menghemat banyak waktu apabila digunakan dengan benar dan berbahaya apabila penggunaannya salah.

PETA KONSEP

a.    Bor Tangan (Hand Drill)

Bor Tangan (Hand Drill)  adalah alat yang berfungsi Sebagai alat untuk membuat lubang. Bor tangan sendiri punya banyak jenis sesuai peruntukannya, tapi kebiasaan kebanyakan dari kita menggunakan satu bor untuk hampir semua pekerjaan. Di pasaran, bor tangan tersedia dengan kabel, batrei atau yang disambungkan pada kompresor.
Hand Drill akan memberikan hasil yang lebih baik apabila digunakan sesuai dengan kecepatan yang tepat. Pastikan untuk memegang drill dengan hati-hati sehingga tidak merusak drill bit atau perlengkapannya. Jagalah agar area kerja bersih. Jangan menggunakan tool dengan kemampuan kecil untuk  melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh heavy duty tool.

Gambar 2.0.3 Bor Tangan (Hand Drill)

b.    Gerinda Tangan (Hand Grinder)

Gerinda Tangan (Hand Grinder) adalah alat yang berfungsi untuk untuk menghaluskan material tertentu, selain itu gerinda juga dapat digunakan untuk memotong dan mengkilapkan permukaan material tertentu. Mata gerinda jenisnya tergantung fungsinya masing-masing, mulai dari yang fungsinya sebagai ampelas, batu atau resibon, hingga kain untuk polishing.

Gambar 2.0.4 Gerinda Tangan (Hand Grinder)
Pastikan kecepatan maksimum spindle tidak melebihi kecepatan yang telah ditentukan. Cabut kabel listrik jika tidak digunakan. Apabila wheel guard telah dibuat untuk gerinda, pastikan pelindung ini digunakan. Ketika menggunakan gerinda, dekatkan gerinda secara perlahan dengan benda kerja. Jangan menggerinda di sekitar gas yang mudah terbakar, di sekitar campuran atau material yang mudah terbakar. Jangan terlalu menekan gerinda, jika terlalu banyak penekanan akan memperlambat motor dan menyebabkan benda kerja menjadi panas, dapat menyebabkan distorsi terhadap logam. Jangan menghidupkan gerinda dengan spindle terkunci atau dalam keadaan dibebani. Hal ini dapat menyebabkan motor terbakar.

c.    Kunci impact (Portable impact wrench)

Kunci impact (Portable impact wrench) adalah alat digunakan untuk memengendorkan baut/mur dengan sangat cepat, sedangkan yang berukuran besar digunakan juga untuk mengendorkan baut/mur yang sangat kencang. Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk penggunaan yang berbeda. Dua jenis utama adalah pistol dan tuas.
Gambar 2.0.5 Kunci impact (Portable impact wrench)
Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk penggunaan yang berbeda. Dua jenis utama adalah pistol dan tuas. Jenis pistol mirip seperti portable electric drill yang memiliki tuas kontrol yang sama untuk power supply. Jenis tuas tidak memiliki handle terpisah dan tool dipegang di sekeliling penutup motor atau unit penggerak. Jenis tuas mengoperasikan kecepatan alat dan mengubah arah rotasi. Square drive unit beroperasi seperti socket wrench.

d.    Obeng penumetik (penumetik screwdriver)

Obeng penumetik (penumetik screwdriver) adalah alat yang di gunakan untukmempermudah pekerjaan mekanik di bengkel. Obeng penumetik di gunkan pada scrup yang mempunyai pengencangan tinggi. Obeng penumetik hamper sama dengan kunci impact.
Gambar 2.0.6 Obeng penumetik (penumetik screwdriver)

e.    Air Chisel

Air chisel memiliki fungsi sama seperti jack hammer atau pelubang beton. Tetapi air chisel memiliki cycling rate lebih cepat. Tempat mata bor ke arah benda kerja sebelum menarik triggernya. Air tool dipasang pada air supply melalui fitting yang memungkinkan supply dihubungkan dan dilepaskan dengan mudah. Air tool memerlukan pelumasan. Kebanyakan bengkel memiliki automatic oiler yang dipasang di dalam sistem air supply. Apabila bengkel tidak memilikinya, air tool perlu dilumasi setiap hari. Masukkan beberapa tetas oli ke dalam inlet air tool sebelum digunakan.
Gambar 2.0.7 Air chisel

f.     Grinding Wheel

Abarsive wheel yang dipasang pada gerinda bangku digunakan untuk pekerjaan menggerinda di bengkel misalnya menajamkan drill, punch, dan juga chisel. Alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan benda kerja apabila dipasang bersama dengan wire wheel brush.

Gambar 2.0.8 Grinding Wheel
Grinding wheel dan stone lainnya digunakan pada mesin valve refacing dan untuk penggerindaan valve seat. Barasive stone atau oilstone digunakan untuk mengasah, menajamkan dan memperhalus. Disc dan sheet yang dilapisi dengan abrasive juga digunakan untuk memperbaiki bodi kendaraan dan juga painting.
Ketika digunakan untuk menggerinda tool kecil, seperti punch, chisel, bagian tajam tool harus ditempatkan berlawanan dengan arah putaran wheel. Tool harus ditopang pada tool rest, dipandu dengan tangan kiri. Bagian ujung harus mengarah ke atas pada bagian pinggir wheel, sementra gerinda, tool harus digerakkan secara perlahan di seluruh wheel sehingga keseluruhan permukaan grinding wheel digunakan sehingga permukaan akan sejajar.

1 Response to "MACAM - MACAM POWER TOOLS DAN PENERAPANNYA"

  1. I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post. CDI 2503MFRPH

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Berkomentar di Thomide.xyz

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel